Proposal Waqaf Tunai Pembebasan lahan pesantren Qur’an

PROPOSAL
PROGRAM WAQAF TUNAI
PENGEMBANGAN PESANTREN
BAITUL MAAL HIDAYATULLAH CABANG MALANG

Latar Belakang
Dakwah Islam merupakan tanggung jawab kita semua sebagai umat Islam bukan individu tertentu atau golongan tertentu pula. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 125 :
disebutkan adanya perintah untuk menyeru ke jalan Allah yaitu Islam, dan tidak ada pengkhususan kepada siapapun.
Oleh karena keumuman perintah untuk berdakwah inilah maka sesungguhnya dakwah Islam merupakan kewajiban kita semua. Dengan segala kemampuan dan aktifitas yang kita miliki hendaknya mampu melahirkan nilai-nilai dakwah Islam. Tetapi pada kenyataannya dalam berdakwah akan kita temui berbagai rintangan dan halangan mulai aspek ekonomi, politik dan sebagainya. Sebagai sebuah konsekuwensi dari keislaman kita maja kita tetap harus menjalankan aktifitas dakwah dengan segenap kemampuan yang kita miliki.
Untuk menunjang aktifitas dakwah Islamiyah dan sarana pembinaan anak-anak sebagai generasi Islam di masa dating dibutuhkan sebuah wadah dan prasarana yang memadai dan layak. Untuk itu BMH Malang beserta Pesantren Hidayatullah Malang bekerjasama dalam rangka menggalang waqaf tunai untuk didayagunakan sebagai pengembangan pesantren.
Selain sebagai pengembangan pesantren program waqaf tunai yang digalang oleh BMH Malang juga memiliki tujuan lain yang tidak kalah penting yaitu membentengi ummat Islam di wilayah Dau dari bahaya liberalism dan pemurtadan yang cukup marak pada akhir-akhir ini.

Tujuan
Secara umum program ini bertujuan untuk menggalang dana ummat berupa waqaf tunai untuk membebaskan lahan pengembangan pesantren Hidayatullah Malang.
Adapun tujuan spesifik dari program ini antara lain:
1. Membebaskan lahan seluas 1,5 Ha di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kab. Malang dengan total kebutuhan kurang lebih Rp.3 miliar rupiah.
2. Pengembangan pesantren Hidayatullah Malang dan segala kebutuhannya.
3. Membentengi ummat Islam dari bahaya liberalisme dan pemurtadan di daerah Sumbersekar.

Hasil yang Diharapkan
1. Adanya dana waqaf yang yang diserahkan kepada BMH Malang untuk membebaskan lahan di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kab. Malang.
2. Tumbuhnya empati dan ukhuwah antar sesama ummat Islam dalam rangka saling mengokohkan upaya membentengi generasi Islam dari bahaya liberalisme dan pemurtadan di sekitar Dau.

Lokasi Program
Lahan yang akan dan sedang dibebaskan bertempat di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Malang, dengan luas tanah 1,5 Ha.
Struktur Pelaksana
Kepala Cabang Malang : Abdullah Warsito, S.Hum
Penanggung Jawab : M. Humam Hidayat, SS
Di dukung oleh : Semua amil BMH Malang

Anggaran Biaya
Biaya pembebasan lahan yang sudah terkumpul untuk pembayaran 1,5 Ha adalah Rp 1.800.000.000,- dari 3.000.000.000,- dana yang dibutuhkan sehingga masih 6000m belum terbayar sehingga masih ada kesempatan untuk anda berpartisipasi dalm program waqaf tunai ini.
(Harga per meter Rp. 200.000,-)

Penutup
Demikian proposal ini dibuat sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan Program Waqaf Tunai Pengembangan Pesantren Hidayatullah Malang yang dilakukan oleh BMH Malang. Besar harapan kami partisipasi dan keikut sertaan Bapak/Ibu dalam program ini sebagai upaya kita dalam mendakwahkan Islam di tengah masyarakat. Semoga apa yang kita lakukan mendapatkan kemudahan dan ridho dari Allah SWT.

Informasi program ini
imron mahmudi
Baitul Maal Hidayatulloh (BMH)Malang
Jl. Sidomakmur 15 Dau malang
telp. 0341 463728
sms 0341 444 0547 / (0341)771 7000